PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 NABIRE

Penulis

  • YULIANTI MANGALLO

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v4i2.370

Abstrak

Telah dilakukan Penelitian tentang Pengaruh  ModelPembelajaran  Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Terhadap Minat dan hasil Belajar Matematika pada Materi Matriks Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Nabire. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi Matriks. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan jenis NHT model studi dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel menggunakancluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh minat belajar pada materi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebesar 73,11% dan hasil belajar sebesar 68,28% sedangkan n-Gain rata-rata sebesar 0,67 berkategori sedang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together(NHT), Minat, Matriks

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-07-03

Terbitan

Bagian

Articles