IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR SANTO AGUSTINUS MERAUKE

Penulis

  • . Sukesi
  • Mathias Gemnafle
  • Jan Pieter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang (1) strategi pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran di SD Santo Agustinus Merauke (2) strategi pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstra kurikuler di SD Santo Agustinus Merauke (3) peran orangtua dan masyarakat dalam implementasi pendidikan karakter di SD Santo Agustinus Merauke (4) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di SD Santo Agustinus Merauke (5) pelaksanaan sistem evaluasi terhadap pelaksanaan pendidikan karakter di SD Santo Agustinus Merauke. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, yang mengikuti konsep yang diberikan Miles and Huberman dan Spradley. Adapun dalam pengujian kredibilitas data dipergunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi (Moleong dan Sugiyono). Hasil penelitian menggambarkan bahwa, (1) Strategi Pelaksanaan Program Pendidikan
Karakter di SD St. Agustinus Merauke telah berjalan baik, (2) Kegiatan ekstra kurikuler berjalan baik, namun belum menunjukkan dampak positif yang lebih dalam membentuk karakter siswa, (3) Peranan Orang tua cukup baik tetapi kurang kontrol anak untuk mengerjakan tugas, dan kurang memenuhi kebutuhan anak, sementara peran masyrakat dalam menciptakan kondisi lingkungan yang aman, namun belum nampak peran dalam menunjang kesejahteraan guru, (4) Ada faktor penunjang dalam pendidikan karakter nampak pada manajemen sekolah, tenaga guru, sarana prasarana, sementara faktor hambatan nampak pada siswa tidak mengerjakan tugas, guru tidak hadir tepat waktu di sekolah dan lingkungan tempat bermain anak di luar sekoalh tidak mendidik, (5) Sistem evaluasi melalui penialaian kinerja guru dan pimpinan, belum mendatangkan perubahan. Solusi yang diajukkan untuk peningkatan mutu pendidikan karakter di SD St. Agustinus Merauke antara lain: (1) Meningkatkan keterampilan dan profesi mengajar, (2) Seleksi dan
evaluasi kegiatan yang sungguh membawa perubahan sikap bagi peserta didik, (3) Aktif mendampingi anak dan memenuhi kebutuhan sekolah, dan meningkatkan kesejahteraan guru, (4) Membenahi manajemen sekolah untuk tetap efektif dan merobah karakter siswa untuk rajin mengerjakan tugas serta disiplin guru untuk hadir tepat waktu di sekolah, (5) Evaluasi yang bertujuan menghasilkan perubahan.

Kata kunci: Implementasi, Pendidikan, Karakter, Sekolah dan Masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-05-13

Terbitan

Bagian

Articles