IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SD YPPK SANTO FRANSISKUS XAVERIUS II MERAUKE
Abstrak
Telah dilakukan penelitian tentang implementasi kepemimpinan manajerial kepala sekolah di SD YPPK Santo Fransiskus Xaverius II Merauke. Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pemanfaatan sumber daya manusia, b) mengetahui peran kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, c) mengetahui implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan dan d) memperoleh gambaran tentang proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan kepala sekolah terhadap seluruh program sekolah pada SD YPPK Santo Fransiskus Xaverius II Merauke. Pendekatan yang diperguanakn dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitin ini ada kepala sekolah, guru, Tata Usaha dan orang tua siswa. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara (interviewj, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman. Proses analisis yang digunakan dalam penelitian ini diawali dari proses mereduksi data, menyajikan data, dan berakhir pada pembuatan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah di SD YPPK Santo Fransiskus Xaverius II Merauke telah terlaksana dengan baik. Hal ini diperlihatkan melalui empat indikator kompetensi manajerial kepala sekolah, sebagai berikut:a) Kepala sekolah melakukan pengelolaan guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara baik sehingga masing-masing bagian mampu menyadari tugas sebagai tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. b) Kepala sekolah melakukan pengelolaan sarana dan prasarana baik tata letak, pengadaan, perawatan, dokumentasi, maupun pelimpahan kewenangan kepada wakil kepala sekolah untuk menata sarana dan prasarana. c) Adanya proses pengelolaan keuangan sekolah yang didasarkan kepala sekolah para prinsip, transparansi, akuntabilitas, dan efektifitas dan d) Kepala sekolah melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah, serta menentukan sikap untuk menindaklanjuti hasil evaluasi dan laporan-laporan yang ada.
Â
Kata kunci: kepemimpinan, manajerial kepala sekolah