Studi Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Inpres 54 Makbusun Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong

Penulis

  • Sumarjono Sumarjono Universitas cenderawasih
  • Mathias Gemnafle Universitas cendewasih

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang supervisi klinis kepala sekolah di SD Inpres 54 Maksubun Kabupaten Sorong. Penelitin ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait dengan: (1) tahapan supervisi klinis Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ditinjau dari persepsi guru (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan supervisi klinis Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (3) dampak pelaksanaan supervisi klinis Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus. Informan terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian: (1) Persepsi guru sangat positif, karena setiap guru secara antusias selalu mengikuti setiap tahapan pelaksanaan supervisi klinis dengan baik, (2) Faktor pendukungnya antara lain: a) manajemen Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong, b) SDM guru-guru, c) komunikasi dan kerja sama yang harmonis antara Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru. Faktor penghambat pelaksanaan supervisi klinis yaitu, a) beberapa guru kurang siap disupervisi dengan berbagai alasan, b) guru kurang percaya diri, c) kesibukan supervisor baik oleh Kepala Sekolah maupun Pengawas Sekolah, d) belum semua guru mendapat kesempatan dalam melakukan pengembangan diri melalui berbagai kegiatan, seperti Diklat, Seminar, Workshop. (3) Dampaknya terhadap kinerja guru dapat meningkat bila Kepala Sekolah dapat menerapkan supervisi klinis secara berkala pada setiap proses pembelajaran.

Kata Kunci : Supervisi Klinis, Peningkatan Kinerja Guru, SD, Kabupaten Sorong

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sumarjono Sumarjono, Universitas cenderawasih

Magister pendidikan

Mathias Gemnafle, Universitas cendewasih

Magister pendidikan

Referensi

Agut, S. dan Grau, R., 2002, Managerial Competency Need and Training, Requests: The Case of the Spanish Tourist Industry, Human Resource Development Quarterly, Vol 13, no 1.31-51.

Bambang Soepeno, 2002, Statistik Terapan dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Dessler, Gary., 2000, Manajemen Personalia, Terjemahan, Jakarta, Erlangga.

Fathurrohman Pupuh, Suryana AA. W, 2011, Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran, Bandung: PT. Refika Aditama.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani., 2000, Manajemen Personalia dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

Harris, B.M. 1985. Supervisory Behavior in Education. New Yersey: Prentice Hall.

Hartoyo. (2006). Supervisi Pendidikan Mewujudkan Sekolah Efektif dalam Kerangka Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Pelita Insani.

Imron Ali, 2011, Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, M.B. A. Michael Huberman. 1992. Analisi Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode – Metode Baru).

Mas’ud,Moh., 1994, Manajemen Personalia, Jakarta: Erlangga.

Mantja. W, 2008, Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, Malang: Elang Mas.

Mataputun Y, 2010, Model Pendampingan Dalam Supervisi Kelas, Jayapura: FKIP UNCEN.

Nurtain, 1989, Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik, Jakarta: Depdikbud.

Riduwan, Pengarah Alma Buchari, 2008, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta.

Robert L. Mathis & John H. Jackson, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 2, Jakarta: Salemba Empat.

Sahertian, Piet, dkk, 2000, Konsep Dasar dan Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineke Cipta.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Simamora, Henry. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Siregar Syofian, 2011, Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sulaiman, Wahid. 2004, Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: PT. ANDI.

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Development, Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Pidarta, Made 1999, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N, 2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Usman, MU. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remajarorda Karya

Diterbitkan

2019-05-29

Terbitan

Bagian

Articles