PENGARUH PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SMAN 1 JAYAPURA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) tingkat peran guru biologi pada masa pandemi covid-19. (2) Tingkat motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19. (3) Pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Jayapura. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan Kelas XI IPA yang berjumlah 610 siswa, dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 15% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 92 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui peran guru dan motivasi belajar siswa. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rank Spearman Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) peran guru di SMA Negeri 1 Jayapura berada pada kategori yang sedang dengan persentase 70%, (2) motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Jayapura berada pada kategori yang sedang dengan presentasi 66%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru dan motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05
Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Biologi. The