PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 14 GOWA

Penulis

  • Maria Datu Bulawan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Patompo, Provinsi Sulawesi Selatan
  • Nasrianty Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Patompo, Provinsi Sulawesi Selatan
  • Maisya Zahra Al Banna Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Patompo, Provinsi Sulawesi Selatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap self- efficacy dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 14 Gowa. Penelitian ini merupakan Quasy experiment menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan angket self efficacy. Teknik analisis data secara deskriptif dan analisis statistic uji-t independen menggunakan SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian, didapat hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran generative lebih tinggi yaitu 81,70 kategori tinggi daripada kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional yaitu 62, 59 kategori sedang. Self efficacy kelas eksperimen pada kategori sangat baik 44,12 % lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol hanya sebesar 29,41%. Hasil analisis statistik self efficacy dan hasil belajar didapatkan nilai signifikansi 0,042 dan 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran generatif terhadap self efficacy dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 14 Gowa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, self-efficacy, hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-10-23