PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa Kelas X SMAN 10 Gowa ketika menggunakan Model Kooperatif Group Investigation dan model Two Stay Two Stray. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 10 Gowa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dengan jumlah 35 siswa dan siswa kelas X2 dengan jumlah 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa kelas X 1 yang diajar dengan model Group Investigation (GI) dan siswa kelas X 2 dengan model Two Stay Two Stray (TSTS) di SMAN 10 Gowa. Siswa yang diajar dengan model GI mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai post-test 75,86, sementara siswa dengan model TSTS mencapai rata-rata post-test 86,79 menciptakan suasana belajar lebih kompetitif dan menyenangkan. Uji Mann- Whitney U menghasilkan nilai 153.000, Z sebesar -4,419, dan signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa model TSTS lebih efektif dibandingkan GI.
Kata Kunci : Group Investigation, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar