Analisis kecerdasan emosional peserta didik dalam pembelajaran kimia pada emosi sedih, malu, dan cinta kelas xi-1 di sma sentani

Penulis

  • Lia Agnes Prajawati Universitas Cenderawasih
  • Alex A. Lepa Universitas Cenderawasih
  • Irwandi Yogo Suaka
  • Florida Doloksaribu Universitas Cenderawasih
  • Albaiti Universitas Cenderawasih

Kata Kunci:

Analisis Kecerdasan Emosional, Emosi Sedih, Emosi Malu, Emosi Cinta

Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kecerdasan emosional peserta didik pada emosi sedih, malu dan cinta dalam pembelajaran kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional peserta didik dalam pembelajaran kimia. Pengambilan data dilakukan dengan mengambil nilai ujian akhir semester (UAS) pelajaran kimia yang diperoleh dari dokumentasi 30 peserta didik kelas XI-1 SMA Sentani pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dan pengisian daftar angket yang terdiri dari 38 butir pernyataan mengenai kecerdasan emosional peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kecerdasan emosional peserta didik pada pembelajaran kimia terbanyak yaitu berada pada ketegori cukup dengan rata-rata nilai 76,67% . Sedangkan persentase nilai UAS kimia terbanyak pada peserta didik di kelas tersebut berada pada kategori kurang dengan jumlah 56,67%.  Analisis pada tingkat kecerdasan emosional didapatkan bahwa peserta didik kelas XI-1 SMA Sentani memiliki kecerdasan emosional pada emosi sedih, malu, dan cinta. Dilihat pada hasil nilai emosional yang diperoleh yaitu pada emosi sedih sebanyak 73,09, emosi malu sebanyak 69,12, dan cinta sebanyak 64,21. Faktor-fator yang mempengaruhi kecerdasan emosional dalam pembelajaran kimia yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor keinginan/kemauan (minat) dalam belajar dan kecerdasan intelektual. Faktor eksternal yaitu faktor guru, teman, kondisi kelas, serta situasi dan bentuk pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-08-28

Terbitan

Bagian

Artikel