Article Template of Papua Journal of Physics Education
JUDUL DITULIS DENGAN MENGGUNAKAN FONT TIMES NEW ROMAN, JUDUL DITULIS DENGAN RINGKAS DAN LUGAS
(14pt, maksimal 15 kata)
Penulis Pertama1), Penulis Kedua2), Penulis Ketiga3)
1) Institusi Penulis dilengkapi alamat lengkap dan e-mail.
2) Institusi Penulis dilengkapi alamat lengkap dan e-mail.
3) Institusi Penulis dilengkapi alamat lengkap dan e-mail.
ABSTRAK
Abstrak dapat ditulis secara jelas, ringkas dan deskriptif. Abstrak dapat menggambarkan latar belakang permasalahan, tujuan penulisan, dan metodologi penulisan sampai pada hasil penelitian. Abstrak ditulis dengan menggunakan font Times New Roman 11pt dan sedapat mungkin tidak lebih dari 300 kata. 11pt, 1 spasi, dan bentuk huruf Times New Roman.
Kata kunci: Berisi 2-5 kata kunci yang mencerminkan intisari artikel penelitian.
ABSTRACT
Abstract can be written clearly, concisely and descriptively. Abstract can describe the background of the problem, the purpose of writing, and the methodology of writing to the results of the study. Abstract (English version) are written using the Times New Roman Italic 11pt font and no more than 300 words as far as possible. 11pt, 1 space and Times New Roman font.
Keywords: Contains 2-5 keywords that reflect the main core of the research article.
PENDAHULUAN
Petunjuk dalam penulisan dibuat untuk memudahkan penulis dalam memahami dan mengikuti pedoman penulisan. Template ini persis sebagaimana format yang diharapkan oleh tim penyunting. Untuk menggunakan template ini, cukup di-“Save As” file MS Word ini, kemudian paste artikel anda di sini. Untuk melakukan copy dan paste artikel ke template ini, gunakan “Special Paste” dan pilih “Unformated Text”.
METODE PENELITIAN
Pada bagian sub-metode penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pada pembaca mengenai metode penelitian yang digunakan. Sub-anak judul pada metode penelitian ini sekurang-kurangnya terdiri atas Jenis Penelitian; Desain Penelitian; Waktu dan Lokasi Penelitian; Populasi dan Sampel, Teknik Pengumpulan Data; dan Analisis Data/Teknik Pengolahan Data.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Analisis dan interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas. Uraian mengenai hasil dan pembahasan secara deskriptif.
Tabel dan gambar pada artikel boleh disematkan dengan menggunakan format seperti yang tertera pada Tabel 1 dan Gambar 1 yang ditulis di bagian tengah dan seluruh awal kata menggunakan huruf capital, dengan ukuran huruf 12 Times New Roman. . Isi tabel menggunalkan font 11 Times New Roman. Sumber referensi tabel dituliskan di bagian bawah tabel sedangkan sumber referensi gambar ditulis menjadi satu dengan caption atau keterangan gambar dengan menggunakan tanda kurung.
Tabel 1. Judul Tabel
No | Uraian | Keterangan |
1 | Uraian 1 | Keterangan |
2 | Uraian 2 | Keterangan |
3 | Uraian 3 | Keterangan |
(Sumber tabel, tahun: hlm.)
SIMPULAN DAN SARAN
Pada bagian penutup berisi uraian kesimpulan dan saran serta menjawab pertanyaan dalam perumusan masalah yang menjawab tujuan penelitian dibuat secara ringkas dan jelas, sehingga reviewers dan pembaca tentu akan mudah untuk memberi penilaian terhadap artikel anda. Diharapkan tidak mengulang penulisan Abstrak, atau hanya mendeskripsikan hasil penelitian. Namun diharapkan lebih tajam dalam memberikan uraian yang jelas mengenai kemungkinan penerapannya dan saran-saran terkait temuan penelitian.
UCAPAN TERIMA KASIH (Opsional)
Ucapan terima kasih bersifat opsional, hanya diberikan kepada pihak yang benar-benar memberikan kontribusi dalam pelaksanaan penelitian. Termasuk individu atau perorangan yang membantu penyusunan artikel.
REFERENSI
Format Referensi menggunakan aturan The American Psychological Association 7th edition (APA 7th).
Contoh jika berasal dari buku teks:
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
Dari buku teks yang dirangkum oleh editor.
Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
Dari buku terjemahan
Daniel, W.W. (1980). Statistika Nonparametrik Terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta: Gramedia.
Dari jurnal:
Budiarti, I. S., Suparmi, S., Sarwanto, S., Harjana, H., & Viyanti, V. (2019). Stimulating Students’ Higher-Order Thinking Skills on Heat and Temperature Concepts. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 103–112.
Dari skripsi/tesis/desertasi
Yusro, A. C. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Yang Terintegrasi Dengan Website Pada Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 5 Madiun Tahun Ajaran 2012/2013 (Tesis, Universitas Sebelas Maret).
Dari Dokumen Pemerintah
National Institute of Mental Health. (2008). Clinical training in serious mental illness (DHHS Publication No. ADM 90-1679). Washington, DC : U. S. Government Printing Office.
Dari kumpulan abstrak penelitian atau proceeding:
Suci, P., Tjipto, P., & Budi, J. (Eds.). (2013). Implementasi penggunaan simulasi phET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa. , Prosiding Seminar Nasional IPA IV . Semarang: Program Studi Pendidikan IPA S1 FMIPA UNNES.
NB. Panjang artikel antara 5-10 halaman, spasi 1 ukuran A4