PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Anis Anis Pendidikan IPA, STKIP PGRI Nganjuk
  • Yulia Dewi Puspitasari Pendidikan IPA, STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v1i2.1390

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X OTKP-1 semester ganjil di SMKN 2 Nganjuk melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi pokok Energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X OTKP-1 SMKN 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X OTKP-1 SMKN 2 Nganjuk pada materi Energi. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas adalah 33,3% dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.

Agustina, A., & Putri, R. I. I. (2020). Calculation of electric account as learning context based on project based learning (PBL) and lesson study for learning community (LSLC). Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 12063. IOP Publishing.

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Educational Technologia, 1(2).

Elfada, V. S., Chandra, E., & Mulyani, A. (2015). Analisis Kualitas Representasi Visual Buku Biologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013 pada Materi Sel. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2).

Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231–248.

Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-based learning. Educational Psychology, 1–8.

Gunawan, B., & Hardini, A. A. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 32–46.

Han, S., Capraro, R., & Capraro, M. M. (2015). How science, technology, engineering, and mathematics (STEM) project-based learning (PBL) affects high, middle, and low achievers differently: The impact of student factors on achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1089–1113.

Hikmawati, V. Y., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementing blended-problem based learning through Google classroom in biology learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 217–224.

Kubiatko, M., & Vaculová, I. (2011). Project-based learning: characteristic and the experiences with application in the science subjects. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies, 3(1), 65–74.

Lestari, T. (2015). Peningkatan hasil belajar kompetensi dasar menyajikan contoh-contoh ilustrasi dengan model pembelajaran project based learning dan metode pembelajaran demonstrasi bagi siswa kelas Xi multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Nani, K. L., & Kusumah, Y. S. (2015). The Effectiveness Ofict-Assisted Project-Based Learning In Enhancing Students’ Statistical Communication Ability. International Journal of Education and Research, 3(8), 187–196.

Oktadifani, U., Lesmono, A. D., & Subiki, S. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 109–114.

Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Diemas Bagas Panca Pradana Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Email: diemaspradana@ mhs. une. Jurnal IT-Edu, 2(1), 59–67.

Purbowo, A., Boy, B. Y., & Budiarti, I. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan Hasil Belajar. Papua Journal of Physics Education, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2027

Verma, A. K., Dickerson, D., & McKinney, S. (2011). Engaging students in STEM careers with project-based learning—MarineTech project. Technology and Engineering Teacher, 71(1).

Downloads

Published

2020-12-01