STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN BUKU SAKU FISIKA BERBASIS SELF-DIRECTED LEARNING

Authors

  • Windi Cahyaningsih Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Siska Desy Fatmaryanti Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Bisri Arifin SMA Negeri 1 Pejagoan

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v1i2.1395

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pendahuluan dari pengembangan buku saku fisika berbasis Self-Directed Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunan bahan ajar yang baik ditinjau dari komponen  kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan serta apakah bahan ajar yang digunakan sudah menggunakan basis Self-Directed Learning. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dengan jumlah peserta didik 32 anak. Untuk bahan ajar yang masih digunakan menggunakan buku paket X yang akan dianalisis dari segi komponen penyusunan bahan ajar yang baik meliputi: komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Hasil dari analisis dari buku paket X tersebut memiliki presentase cukup sebesar 50%, baik sebesar 38,8% dan sangat baik sebesar 11% dari komponen penyusunan bahan ajar yang baik. Proses pembelajaran yang terjadi dalam kelas masih mennggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru dan belum menggunakan Self-Directed Learning. Sehingga, peneliti mengembangkan buku saku fisika yang dapat digunakan dalam pembelajaran dimanapun dan kapan saja, model pembelajaran menggunakan basis Self-Directed Learning,dengan pusat pembelajaran pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo, Z. K., & Suryadarma, I. G. P. (2017). The development of science domain based learning tool which is integrated with local wisdom to improve science process skill and scientific attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1).

Fitriah, L. (2019). Efektivitas Buku Ajar Fisika Dasar 1 Berintegrasi Imtak dan Kearifan Lokal Melalui Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 82. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5909

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Depublish.

Holec, H. (1987). The learner as manager: Managing learning or managing to learn. Learner Strategies in Language Learning, 145–157.

Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan media gambar berupa buku saku Fisika SMP pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123.

Niss, M. (2017). Obstacles related to structuring for mathematization encountered by students when solving physics problems. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(8), 1441–1462.

O’malley, J. M., O’Malley, M. J., Chamot, A. U., & O’Malley, J. M. (1990). Learning strategies in second language acquisition. Cambridge university press.

Pertiwi, D. (2012). Jurnal pembelajaran fisika. 1(September), 77–85.

Pratiwi, S., Prahani, B. K., Suryanti, S., & Jatmiko, B. (2019). The effectiveness of PO2E2W learning model on natural science learning to improve problem solving skills of primary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 32017.

Rahayu, T., & Yonata, B. (2013). Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 18 Surabaya pada tingkat Analisis, Evaluasi, dan Kreasi pada Materi Titrasi Asam Basa dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Cognitive Skils of Student XI IPA 1 SMA Negeri 18 Surabaya In Level Analy. Unesa Journal of Chemical Education, 2(2).

Rifanti, U. M., & Pujiharsono, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 245–251.

Shwartz, Y., Benâ€Zvi, R., & Hofstein, A. (2005). The importance of involving highâ€school chemistry teachers in the process of defining the operational meaning of ‘chemical literacy.’ International Journal of Science Education, 27(3), 323–344.

Sukma, M., Soewarno, S., & Farhan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Self-directed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-mipa 2 pada Materi Alat-alat Optik di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4), 164–173.

Tanahoung, C., Chitaree, R., & Soankwan, C. (2010). Probing Thai freshmen science students’ conceptions of heat and temperature using open-ended questions: A case study. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 2(2), 82–94.

Via, A. (2014). Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar Akuntansi pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan bahan Ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika Ke-4 2015. Sebelas Maret University.

Downloads

Published

2020-12-01