ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Authors

  • Adeline Silaban Prodi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih
  • Muhammad Akbar Prodi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v2i1.1732

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memaparkan secara apa adanya dari hasil penelitian tanpa ada yang diubah. Populasinya adalah mahasiswa pendidikan fisika dari angkatan 2018-2021. Pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling, berdasarkan populasinya kelas yang terpilih angkatan 2020 yang berjumlah 22 orang. Pengambilan data menggunakan tes instrumen pada kemampuan berpikir kritis masing-masing peserta. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis  berada dalam rentang kategori sedang dengan persentase 58,19%. Hasil penelitian menunjukkan indikator kemampuan berpikir kritis kategori tinggi antara lain memberikan penjelasan sederhana dengan skor rata-rata yaitu 3,85 dan indikator kategori  rendah adalah mengatur strategi dengan skor rata-rata yaitu 1,95 dibandingkan indikator yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alatas, F. (2014). Hubungan pemahaman konsep dengan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran treffinger pada mata kuliah fisika dasar. Edusains, 6(1), 87–96.

Anis; Puspitasari, Y. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PjBL Dengan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Papua Jurnal Of Physics Education (PJPE), 1(2), 1–12.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, cet. ke-4. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois, 2(4), 1–8.

Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar pengembangan kurikulum.

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95.

Herdianto, H. (2014). Identifikasi Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fluida Statis dengan Modifikasi High-α Binaural Beats dan Guided Problem Solving. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Maghfiroh, A. F., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2017). Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Disertai Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma Negeri 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 33–39.

Sadia, I. W. (2007). Pengembangan kemampuan berpikir formal siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dan cycle learning dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran UNDIKSHA, 40(1), 1–20.

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. kencana prenada media.

Santyasa, I. W. (2015). Validasi Dan Implementasi Model-Model Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1).

Suhaenah Suparno, A. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Surata, I. N., Koestoro, B., & Abdurrahman, A. (2013). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Model Siklus Belajar dan Penalaran Formal. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 1(3).

Yanti, F., & Lumbu, A. (2020). PENGARUH MODEL PBL BERBASIS METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENDAHULUAN Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam atau gejala-gejala alam dan membahas bagaimana gejala tersebut dapat terjadi ( Hadi , 2015 ). Fisika bukan hanya kumpulan penge. Papua Journal of Physics Education (PJPE), 1(2), 13–22.

Yulianingsih, L., Boy, B. Y., & Panda, F. M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA SMA PENDAHULUAN Setiap manusia memiliki kemampuan dan pemahaman yang terkait suatu Perbedaan ini dapat diketahui dengan terlibat tidaknya seseorang itu dalam d. Papua Jurnal Of Physics Education (PJPE), 1(2).

Zamroni, Z., & Mahfudz, M. (2009). Panduan teknis pembelajaran yang mengembangkan critical thinking. Depdiknas, Jakarta.

Downloads

Published

2021-06-01