PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH JAYAPURA

Authors

  • Eva Febyanti Universitas Cenderawasih
  • Paulus G. D. Lasmono
  • Muhammad Akbar

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v3i1.4216

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Jayapura Tahun Ajaran 2021/2022 khususnya materi getaran dan gelombang. Tujuan penelitian ini yakni: 1) mengetahui peningkatan hasil belajar yang dicapai peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Jayapura; dan 2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen menggunakan model PBL dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari dua kelas, yakni kelas VIIIE dan VIIIF SMP Muhammadiyah Jayapura. Cluster random sampling digunakan sebagai teknik penarikan sampel. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan instrument test. Peningkatan hasil belajar bisa diketahui dari nilai hasil N-gain seluruh materi yang diajarkan pada peserta didik.  Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBL, nilai N-gain sebesar 0,66 masuk dalam kategori sedang, sedangkan di kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional, sebesar 0,29 masuk dalam kategori rendah, artinya ada peningkatan hasil belajar. Untuk seluruh konsep getaran dan gelombang, ada perbedaan hasil belajar signifikan antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dengan kelas yang diajar menggunakan model PBL, ditunjukkan dengan nilai signifikansi  0,05 sebesar 0,000. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Jayapura; dan 2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas dengan model PBL dan kelas dengan model pembelajaran konvensional pada materi getaran dan gelombang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles