PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31957/pjpe.v5i1.4672Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan terhadap pengembangan E-LKPD dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar, menggambarkan karakteristik media tersebut, menilai kelayakan penggunaannya, mengukur pengaruhnya terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, serta meninjau respons siswa terhadap penggunaannya. Metode yang digunakan adalah R&D yang mengadopsi model pengembangan empat tahap (4D), meskipun studi ini hanya mencakup tiga tahap, yakni pendefenisian (Define), mendesain (Design), dan mengembangkan (Develop). Data yang didapatkan merupakan data kuantitatif deskriptif, yang dikumpulkan melalui validasi oleh para ahli, penyebaran angket kepada peserta didik, serta hasil dari pre-test dan post-test. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa: (1) Baik guru maupun siswa memerlukan bahan ajar digital berbasis masalah guna mendukung penguatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah; (2) E-LKPD dikembangkan secara kontekstual mengikuti langkah-langkah sistematis dari sintaks PBL; (3) Berdasarkan hasil validasi, produk dinyatakan sangat layak dipakai dengan nilai kelayakan rata-rata 93,7%; (4) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah mengalami peningkatan yang signifikan, ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,81 pada pertemuan pertama serta 0,84 pada pertemuan kedua; serta (5) Siswa menunjukkan tanggapan yang sangat positif terhadap penggunaan E-LKPD, dengan tingkat kepuasan masing-masing sebesar 85,5% dan 86,7%.