PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X

Authors

  • Fina Dewi Andriani Universitas Cenderawasih
  • Auldry F Walukouw Universitas Cenderawasih
  • Virman Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v5i1.4697

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dikombinasikan dengan aplikasi PhET terhadap pencapaian hasil belajar siswa untuk materi energi, kemuadian membandingkannya dengan pembelajaran konvensional. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMA YPPK Taruna Dharma Kotaraja Jayapura, dengan melibatkan dua kelompok pada kelas X, yaitu kelas X2 selaku kelompok eksperimen serta X6 selaku kelompok kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar. Untuk menganalisis data secara kuantitatif, digunakan uji n-gain dan t-test dengan memanfaatkan software SPSS versi 25. Hasil analisis memperlihatkan hasil belajar peserta didik yang berada di kelas eksperimen mengalami pengingkatan yang lebih signifikan dibandingkan hasil belajar peserta didik yang berada di kelas kontrol. Perhitungan rata-rata untuk nilai n-gain kelompok eksperimen, tercatat sebesar 0,72 dan dikategorikan tinggi, sedangkan kelompok kontrol memperoleh rata-rata 0,62, yang berada dalam kategori sedang. Selanjutnya, hasil uji t memberikan nilai signifikansi yakni 0,000 (p < 0,05). Nilai ini membuktikan adanya perbedaan peningkatan hasil belajar yang bermakna pada kedua kelompok. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan PBL yang dipadukan dengan simulasi PhET, secara signifikan, lebih efektif dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa dibandingkan penggunaan metode pembelajaran tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-01