PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MELALUI E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.31957/pjpe.v5i1.4707Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan e-modul berbasis kontekstual berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi, serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa, khususnya pada materi dinamika partikel. Dinamika partikel merupakan salah satu materi penting dalam fisika dasar yang membutuhkan pemahaman konsep yang kuat agar mahasiswa dapat mengaitkan antara teori dan fenomena nyata dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan sesuai konteks agar proses belajar menjadi lebih bermakna. Penelitian ini mengaplikasikan model pengembangan 4-D yang mencakup empat tahapan: pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian produk untuk menilai kelayakan e-modul oleh para ahli, serta soal tes pemahaman konsep untuk mengukur peningkatan hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data untuk kelayakan produk menggunakan skala penilaian standar (skala likert), sedangkan untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep digunakan analisis n-gain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa e-modul materi dinamika partikel yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran fisika. Penilaian dari ahli media menunjukkan rerata skor sebesar 3,45, sementara dari ahli materi sebesar 3,52, keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, hasil uji pemahaman konsep menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor n-gain sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis kontekstual mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pemahaman konsep mahasiswa secara optimal.