PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI VBA EXCEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Authors

  • muhammad akbar universitas cenderawasih
  • Adeline Silaban Universitas Cenderawasih
  • Siti Hajar Universitas Cenderawasih
  • Paulus G D lasmono Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v5i1.4714

Abstract

Pada observasi awal  yang telah dilakukan  beberapa sekolah SMA di kota Jayapura dan kabupaten Jayapura ditemui kurangnya motivasi peserta didik terhadap Pelajaran fisika hal  berakibat pada hasil belajar fisika yang masih rendah.  Dari pengamatan ditemui bahwa Sebagian besar guru lebih memilih metode ceramah , hal ini hal ini dikarenakan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan metode pembelajaran yang melibatkan peserta untuk lebih aktif. Kemudian ditemukan  dalam proses pembelajaran guru hanya mengajar teori tanpa memberikan praktik atau contoh kasus yang ada disekitar siswa. Sehingga banyak siswa beraggapan bahwa  pembelajaran fisika  hanya berkutat pada  teori-teori yang tidak bermanfaat  pada kehidupannya nyata. Salah satu cara untuk mengatasi adanya praktikum di sekolah dengan keterbatasan alat yaitu mengunakan virtual laboratory.  Salah satu virtual laboratory yang telah tim kami kembangkan berbasis VBA excel. Di mana hampir semua perangkat baik kompoter maupun labtop yang ada sekolah baik yang dimiliki  guru secara pribadi maupun fasilitas komputer yang disediakan sekolah. Salah satu pendekatan pengajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Peserta didik didorong untuk melatih pemikiran kritis melalui metode ini.. Penelitian ini dilakukan di SMA Pembangunan V Yapis Kota Jayapura untuk mengamati dampak PBL yang diintegrasikan dengan media VBA Excel terhadap motivasi belajar siswa. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan secara komprehensif, mencakup data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif sederhana menunjukkan bahwa 80% siswa memiliki motivasi belajar tinggi. Temuan ini didukung oleh hasil regresi yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, mengindikasikan pengaruh signifikan model pembelajaran PBL terhadap motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-01