About the Journal

Focus and Scope

CENDERAWASIH: Journal Antropologi Papua diterbitkan untuk mengembangkan dan memperkaya diskusi ilmiah bagi para Cendekiawan/i yang menaruh minat pada isu-isu sosial budaya di kawasan Asia-Pasific, khususnya di Papua . Jurnal ini menerapkan proses peer-review Anonim tunggal dalam memilih artikel berkualitas tinggi. Editor menyambut baik kiriman artikel teoritis atau berbasis penelitian. Argumen penulis tidak perlu sejalan dengan editor. 

Ruang lingkup artikel (penelitian) lapangan yang diterbitkan dalam jurnal ini berkaitan dengan;

Artikel ini menyajikan hasil penelitian etnografi / kualitatif pada topik tertentu dan berkaitan dengan etnis / kelompok sosial di Papua; Artikel ini merupakan diskusi terperinci tentang penelitian terapan dan kolaboratif dengan keterlibatan yang kuat antara penulis dan subjek kolaborator dalam melaksanakan program intervensi atau inisiatif pembangunan lainnya yang menekankan pada masalah sosial-budaya. 

Ruang lingkup penelitian pustaka yang diterbitkan dalam jurnal ini berkaitan dengan;

  1. Penulisan teori menguraikan teori sosial dan budaya yang terkait dengan wacana teoritis antropologi.

  2. Artikel tersebut merupakan tinjauan kritis terhadap referensi antropologi dan buku etnografi lainnya yang wajib diterbitkan minimal 5 tahun terakhir.

  3. Makalah tinjauan ada untuk ekspresi pendapat dan memungkinkan penulis untuk mengirimkan materi yang mungkin tidak sesuai untuk artikel penelitian asli tetapi berisi ide-ide yang layak untuk dipublikasikan.

Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini menangani berbagai topik, termasuk:

  • Antropologi Sosial dan Budaya;
  • Antropologi Hukum dan Konflik;
  • Antropologi Ekonomi;
  • Antropologi Ekologi;
  • Antropologi Maritim dan Marin;
  • Antropologi Pertanian;
  • Antropologi Politik;
  • Antropologi Perkotaan
  • Etnisitas dan Identitas;
  • Antropologi Globalisasi
  • Antropologi Bisnis;
  • Antropologi Agama;
  • Antropologi Tari;
  • Kebudayaan dan Kearifan Lokal;
  • Pluralisme dan Multikulturalisme;
  • Etnografi Papua;
  • Etnosains Papua;
  • Kebudayaan Melanesia
  • Kajian Budaya Oceania
  • Antropologi Kesehatan;
  • Antropologi Pariwisata.

Peer Review Process

Submitted articles will be selected and reviewed by editorial boards. The submission should be in soft copy format in Ms. Word file format, single-spaced, with letter size paper. The length of the article should not exceed 8000 words. Please also attach the abstract with a maximum of 250 words length in English and five keywords. The author should write their institution postal address and also the phone contact in the first part of the article.

The article should meet the following structures: introduction, Method, Result and Discussion, Conclusion, and reference. All references in the articles should be neatly put in a proper format. Footnotes should be written on the bottom part of every page, do not put them at the end of the article. The bibliography should follow the APA (American Psychological Association) Style.

Publication Frequency

Jurnal ini terbit dalam 2 kali setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember. 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

By "open access" to this literature, we mean its free availability on the public internet, permitting any users to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of these articles, crawl them for indexing, pass them as data to software, or use them for any other lawful purpose, without financial, legal, or technical barriers other than those inseparable from gaining access to the internet itself. The only constraint on reproduction and distribution, and the only role for copyright in this domain, should be to give authors control over the integrity of their work and the right to be properly acknowledged and cited.

Author Fee

Author Fee Cash Free

Hard Copy Charges

 

Publication Etics

Cenderawasih: Jurnal Antropologi Papua dalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Cenderawasih. Jurnal ini tersedia secara online dan sangat menjunjung tinggi etika publikasi dan menghindari segala jenis plagiarisme. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, dewan redaksi, peer-reviewer, dan penerbit (Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Cenderawasih). Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Ethical Guideline for Journal Publication. Publikasi artikel dalam jurnal Cenderawasih: Jurnal Antropologi Papua merupakan acuan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini bertujuan untuk mendukung dan mewujudkan publikasi ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit, dan masyarakat.

Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih sebagai penerbit Cenderawasih: Jurnal Antropologi Papua mengambil tugas menjaga semua tahap penerbitan dengan serius dan kami menyadari perilaku etis kami dan tanggung jawab lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editorial. Selain itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih dan Dewan Redaksi akan membantu komunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain jika hal ini berguna dan diperlukan.

Publication decisions. Redaktur Cenderawasih: Jurnal Antropologi Papua bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang dikirimkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi pekerjaan yang bersangkutan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Fair play. Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Confidentiality. Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, sebagaimana mestinya.

Disclosure and conflicts of interest. Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis..

Duties of Reviewers

Contribution to Editorial Decisions. Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Promptness. Setiap reviewer yang terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa tinjauan segera tidak mungkin dilakukan, harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses peninjauan.

Confidentiality. Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standards of Objectivity. Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung..

Duties of Authors

Reporting standards. Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang hasil riset yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat pada papernya. Sebuah paper harus terisi secara detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Originality and Plagiarism. enulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

Multiple, Redundant, or Concurrent Publication. Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan manuskrip yang menggambarkan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Authorship of the Paper. Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi studi yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Dimana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas disertakan pada makalah dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi..

Fundamental Errors in Published Works. Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah.

======================

Dr. Marlina Flassy, M.Hum.

Editor-in-Chief
Cenderawasih: Jurnal Antropologi Papua.

Department Anthropoloy, Faculty of Social and Political Sciences

Universitas Cenderawasih.