Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sentani dan Puskesmas Waena, Provinsi Papua

Ega Riana, Elsye Gunawan, Nur F. Bakrie

Abstract


Patient satisfaction is a level of patient feeling that arises as a result of the performance of health services that their received after compared to the expectation. Pharmaceutical service is a form of direct and responsible service to patients related to pharmaceutical preparations with the aim of achieving definite results to improve the  quality of life of patients. This research was conducted at the Sentani Health Center and Waena Health Center in July-August 2020,This study used descriptive survey method, sampling with purposive sampling method. Data will be obtained through questionnaires which distributed to respondents who meet the research inclusion criteria. The results showed that as many as 200 respondents are satisfied with the quality of pharmaceutical services at the Sentani Health Center and the Waena Health Center, for the five consecutive dimensions as follows Reliability with a score of 4.05 and 4.15, Responsiveness with a score of 4.07 and 4.20, Confidence with a score of 4.11 and 4.00, Empathy with a score of 4.07 and 4 .00, and Tangible 4.17 and 4.18, respectively. This means that patients and their families are satisfied with pharmaceutical services at the Sentani and Waena health centers in Jayapura, Papua.

Key words: patient satisfaction; pharmaceutical services; Sentani Health Center; Jayapura. 


Full Text:

PDF

References


Abdillah, A.D., dan R. Muhammad. 2014. Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kesehatan Kartika Stikes A. Yani. 4(6): 56–66.

Alim, A., N. Tangdilambi, dan A. Badwi. 2019. Studi analitik terhadap pasien rawat jalan di RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo. 5(2): 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164.

Alrubaiee, L. 2011. The mediating effect of patient satisfaction in the patients’ perception of healthcare quality-patient trust relationship. International Journal of Marketing Studies. 3(1): 103-127.

Arianto, N. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepuasan terhadap loyalitas pasien (Studi kasus pada pasien rawat jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi dan Manajemen. 13(1): 1–9.

Arifin, S., A. Rahman, R. Muhyi, A.O. Putri, dan Hadianor. 2019. Hubungan usia, tingkat pendidikan, fasilitas kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. 6(1): 40-45.

Azwar, A. 2000. Program menjaga mutu pelayanan kesehatan. Yayasan Penerbit IDI. Jakarta.

Budiman, A. 2014. Kapitasi selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Salemba Empat. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman pelaksanaan program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB). Depkes RI. Jakarta.

Effendi, K., dan S. Junita. 2019. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal Kedokteran. 3(2): 82–90.

Gultom, R.J., D. Nababan, R. Sipayung, L. Hakim, dan F.L. Tarigan. 2021. Hubungan kualitas pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 7(2): 1281-1298.

Gunarsa, S.D. 2008. Psikologi anak: Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT BPK Gunung Mulia. Jakarta.

Handayani, S. 2016. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi. 14(1): 42–48.

Hayuningsih, S., dan T.M. Winnie. 2018. Hubungan antara karakteristik pasien terhadap kepuasan pasien (aspek tangibles) pada pelayanan antenatal care di Rumah Bersalin Citra Lestari Pabuaran Bojonggede Bogor Jawa Barat. Berita Kedokteran Masyarakat. 34 (05).

Irmawati, S., H. Sultan M., dan Nurhannis. 2017. Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Katalogis. 5(1): 188–197.

Kurniati. 2012. Kepuasan Pasien RawatInapLontara Kelas III Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Mantra, I.B. 2003. Demografi umum. Edisi kedua. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Mustika, D., dan K. Sari. 2019. Kepuasan pasien terhadap layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal ARSI. 5(3): 147–152.

Nur’aini. 2019. Pengaruh daya tanggap dan empati para medis terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex. 2(1): 80-89.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 tahun 2016 mengenai Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.

Sukamto, H. 2017. Evaluasi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar. Undergraduate (S1) Thesis. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Supartiningsih, S. 2017. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 6(1): 9–15.

Triwardani, Y. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BJPS pada Pelayanan di Puskesmas Pamulang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla. Jakarta.

Wira, D., Suarjana, dan G. Wijaya. 2014. Hubungan antara persepsi daya tanggap dan persepsi empati dengan kepuasan pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive. 2(2): 150-155.

Yuniar, Y., dan R.S. Handayani. 2017. Kepuasan pasien peserta program jaminan kesehatan nasional terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia. 6(1): 39-48.




DOI: https://doi.org/10.31957/jbp.1356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.